Sebelum Mulai Memilih

Ngerencanain keuangan erat hubungannya sama investasi. Cuman, seperti yang pernah gw tulis sebelumnya, inti dari perencanaan keuangan sebenernya gimana ngatur arus duit kas. Seperti yang pernah gw tulis sebelumnya, pertama kali mending kalo lacak dulu semua pengeluaran. Setelah arus kas lancar, baru deh dana yang ada bisa kita alokasikan buat investasi. Semakin cepat dimulai semakin bagus.

Pertanyaan berikutnya setelah kapan sebaiknya mulai yang sering gw terima adalah “Gw sebaiknya investasi di mana?

Ngejawab pertanyaan ini gak bisa langsung dengan memberikan satu produk sebagai solusi. Buat bisa ngejawab ini, sebaiknya kudu bisa jawab beberapa pertanyaan di bawah ini dulu. Yak, pertanyaan itu bakal gw jawab dengan pertanyaan. 😀

  1. Tujuannya Apa?
    Tujuan? Kalo murni buat investasi gimana? Well, perlu gw bilang di sini kalo investasi itu bukan tujuan. Namanya tujuan mestinya berbentuk sedangkan investasi itu cuman cara buat mencapainya. Contoh dari tujuan yang gw maksud misalkan gini: Biaya Nikah; Biaya Liburan; Biaya Pendidikan Anak, Uang Jaga-Jaga untuk Pensiun dan hal-hal sejenisnya. Eh, beli tas mahal bisa jadi salah satu tujuan perencanaan keuangan loh. Hehehe.Kalo memang tujuannya buat nambah duit aja? Oke, kalo gitu tujuannya memang untuk meningkatkan jumlah uang. Tapi bukan investasi.
  2. Besarnya Berapa?
    Nyambung sama poin pertama tadi, besarnya tujuan yang mau dicapai pasti ada kan. Data-data besarnya nilai uang yang dibutuhkan bisa didapat dengan membandingkan dengan biaya yang dibutuhkan sekarang untuk kebutuhan sejenis. Menentukan besarnya berapa bakalan sangat ditentukan sama nilai inflasi.
  3. Berapa Lama Waktunya?
    Berapa lama waktu yang dipunya sampai tujuan yang mau dicapai tersisa adalah salah satu faktor yang gak kalah penting dalam pertimbangan merencanakan keuangan. Semakin lama jangka waktunya dan semakin cepat dimulaiakan memperbesar kemungkinan keberhasilan pencapaian tujuan yang akan dicapai.Dengan tingkat pengembalian investasi yang sama, jangka waktu yang lebih lama bakalan membutuhkan dana yang lebih kecil untuk disisihkan.
  4. Bagaimana Tingkat Risiko yang Bisa Diterima?
    Pertanyaan paling penting untuk dijawab adalah bagaimana tingkat risiko yang bisa diterima. Bagaimana gw ama lu bisa ngadepin risiko kehilangan dana yang kita sisihkan di rekening investasi kita selama rentang waktu tertentu atas investasi yang kita pilih.Setiap orang punya tingkat penerimaan risiko yang beda-beda yang mana bakalan membuat investasi yang satu belum tentu cocok buat yang lain. Tingkat Risiko ini bisa berubah kok. 🙂

Keempat faktor ini yang bakalan menentukan jenis investasi apa yang cocok buat gw ama lu. Apa yang sebaiknya diambil, berapa lama dan berapa banyak yang kudu diinvestasikan. Dengan begitu, diharapkan investasi dan langkah perencanaan yang dilakukan bisa lebih tepat sasaran dan lebih efektif ya. 😀

@danirachmat

Iklan

One thought on “Sebelum Mulai Memilih

  1. Ping balik: Investasi Males Ribet « Celengan Semar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s