Lets Hunt Down the Expenses

Beware of little expenses. A small leak will sink a great ship.
Benjamin Franklin
brainy quotes

Sering ngerasa gaji kok cepet banget habis dan gak tau perginya ke mana? Kayaknya itu problem banyak orang termasuk gw. Hahaha. Berasa gaji udah ada peningkatan dari tempat kerja yang dulu tapi kok ya tabungan masih segitu-gitunya? Bangga ada increase sekian persen tapi kok hutang kartu kredit masih ngeri ngeliatnya. Tau kan ya problem semacem inih? Belom lagi ternyata di akhir bulan ato parahnya seminggu sebelom gajian eh ternyata malahan defisit gitu. Trus gimana dong?
Kini ada solusinyah! Klinik t*ng #dhuaaangg! (gw disambit kaleng minyak). Becandaaa.

image

Nasib Rekening di Tengah Bulan

Sebenernya sederhana sih solusi dari masalah di atas. Buat ngelacak kemana perginya uang biar bisa dijaga dan menghasilkan cash flow positif bisa dicoba beberapa langkah berikut:

1. DICATET

Yak! Catetin satu-satu sampe tiniest amount of spending. Beberapa alternatif yang bisa dilakukan buat nyatetin pengeluaran ini:

  • Bawa buku saku yang bisa dikantongin dan pulpen ato pinsil kecil. Setiap kali belanjain uang, catet di buku itu. Lagian sekarang kan banyak tuh buku tulis dan pinsil kecil yang oke buat dibawa kemana-mana. Apalagi kalo pake yang unyu-unyu. *abaikan*
  • Kumpulin semua struk belanjaan ato pengeluaran. Klo gak ada ato ga available, catet aja di selembar kertas pengeluarannya apaan. Kalo bawa cuman selembar sehari gak susah dong.
  • Punya handphone? Bisa loh pake fitur voice recorder buat nyatet pengeluaran seharian. Malemnya baru deh dicatetin dan dipindahin ke sistem pencatatan yang lebih teratur.
  • Punya handphone yang lebih canggih kayak punya gw? kalo pake androwid ato ios, bisa coba search di playstore ato appstore aplikasi dengan keyword expense tracker. Ehm kalo nanya BB gimana, terus terang ga pernah nyoba nyari sih. Ada kali ya. Banyak yang free kok. Dan dengan aplikasi-aplikasi itu udah bisa kategorisasi berdasar jenis pengeluarannya, bikin grafik dan aneka rupa lainnya. Gampang banget deh.

Ato ada pernah pake cara lain mungkin?

2. REVIEW & SKALA PRIORITAS

Ga ada gunanya kan kalo dicatetin doang. Habis dapet semua catetan pengeluaran itu, review. Pasti ketauan deh pengeluaran mana yang perlu sama yang nggak. Kemungkinan besar bakal nemuin pengeluaran mana yang rutin, kadang-kadang aja ato bahkan malah yang impulsif. Seharusnya sih yang impulsif gak banyak *ngomong ke diri sendiri sambil lihat daftar expense di layar*.

Setelah ketauan semuanya, skala prioritas bakal bisa ditentukan. Diurutkan mulai dari yang paling rutin dan pasti harus keluar sampe yang impulsif tadi.

3. BUDGETING & DISIPLIN

Dari daftar pengeluaran tadi pasti ketahuan kan kira-kira besarnya tiap bulan berapa. Dari situ bisa tuh dipake jadi acuan. Jadi budget/alokasi pengeluaran bulanan dijadikan panduan. Disini tingkat kedisiplinan sama budget yang kita buat bakalan menentukan hasil akhirnya.

Okeh. Kalo semua itu sudah dilakukan dan hasilnya masih negatip? Balik lagi ke langkah dua. Beneran udah direview dan ditentukan skala prioritasnya? Beli pulsa koneksi internet itu gak wajib loh kalo tiga kali sebulan, kudu lebih hemat aja usagenya (salah satu contohnya) *tutup muka pake handphone*. Lakukan review dan penetapan skala prioritas lanjut ke budget terus sampe positif. Kalo masih aja negatif? Mungkin waktunya memperbesar income? Hehehe.

Kalo udah positif, merencanakan keuangan untuk tujuan yang lebih banyak akan lebih mungkin dilakukan.

Note:
expense yang gw maksud disini bener-bener belanja tanpa termasuk investasi dan nabung yah. Yang bikin kita bokek tanpa sempet nabung. Kalo udah ada elemen tabungan ato investasi mah beda lagi pembahasannya.

Iklan

6 thoughts on “Lets Hunt Down the Expenses

  1. Ping balik: Kenapa Investasi? « Celengan Semar

  2. Ping balik: Sebelum Mulai Memilih « Celengan Semar

  3. Ping balik: #14 – It Should Start Within | Celengan Semar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s