#8 – Dana Darurat

menunggu

Dana darurat bisa berfungsi sebagai bantalan keuangan yang memperkecil rasa sakit –financially– ketika terjadi peristiwa luar biasa yang berakibat pada cashflow seseorang/keluarga.

Apa dan Kenapa

Namapun dana darurat ya, sesuai namanya dana ini adalah adana yang dikumpulin buat jaga-jaga kalo ada kejadian luar biasa yang bersifat darurat dan urgent. Uang yang tersimpan di pos dana darurat ini mestinya anteng ga diutak-atik dalam kondisi apapun yang sifatnya tidak darurat.

Kenapa dana darurat ini penting, karena tanpa adanya dana darurat bisa jadi uang yang tersimpan di pos-pos lain akan tersabotase kalau terjadi sesuatu di luar pengeluaran yang sudah dianggarkan terjadi (pembahasan juga dapat dilihat di postingan #7 – Mana Dulu?).
Baca lebih lanjut

Iklan

Investasi itu Apa?

Investasi : akumulasi suatu bentuk aktiva dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa depan.
Wikipedia berbahasa Indonesia mengenai investasi

Merencanakan keuangan gak bisa dipisahkan dari yang namanya investasi. Kalo gw bilang gini, rata-rata temen langsung ngernyitin dahi mereka, investasi apa sih?

Kalo ngelihat definisi dari Wikipedia di atas, yang namanya investasi itu akumulasi suatu bentuk aktiva biar untung di masa depan. Contohnya apa? ya kalo pengusaha tahu, beli mesin pembuat tahu yang paling oke biar bisa produksi tahu dengan modal paling minimal dan jual dengan harga paling oke biar untungnya maksimal. Kebayang kan? jadi investasi itu sebenernya sederhana.

Pertanyaan selanjutnya, lah kalo kayak semacam pegawai gitu investasinya apa dong? Balik lagi, kan tujuannya untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Pertanyaannya, keuntungannya dibandingkan dengan apa?

Dibandingkan dengan inflasi(pengertian inflasi menurut Wikipedia berbahasa Indonesia)  Baca lebih lanjut

Sebelum Mulai Memilih

Ngerencanain keuangan erat hubungannya sama investasi. Cuman, seperti yang pernah gw tulis sebelumnya, inti dari perencanaan keuangan sebenernya gimana ngatur arus duit kas. Seperti yang pernah gw tulis sebelumnya, pertama kali mending kalo lacak dulu semua pengeluaran. Setelah arus kas lancar, baru deh dana yang ada bisa kita alokasikan buat investasi. Semakin cepat dimulai semakin bagus.

Pertanyaan berikutnya setelah kapan sebaiknya mulai yang sering gw terima adalah “Gw sebaiknya investasi di mana?

Ngejawab pertanyaan ini gak bisa langsung dengan memberikan satu produk sebagai solusi. Buat bisa ngejawab ini, sebaiknya kudu bisa jawab beberapa pertanyaan di bawah ini dulu. Yak, pertanyaan itu bakal gw jawab dengan pertanyaan. 😀

Baca lebih lanjut

Lets Hunt Down the Expenses

Beware of little expenses. A small leak will sink a great ship.
Benjamin Franklin
brainy quotes

Sering ngerasa gaji kok cepet banget habis dan gak tau perginya ke mana? Kayaknya itu problem banyak orang termasuk gw. Hahaha. Berasa gaji udah ada peningkatan dari tempat kerja yang dulu tapi kok ya tabungan masih segitu-gitunya? Bangga ada increase sekian persen tapi kok hutang kartu kredit masih ngeri ngeliatnya. Tau kan ya problem semacem inih? Belom lagi ternyata di akhir bulan ato parahnya seminggu sebelom gajian eh ternyata malahan defisit gitu. Trus gimana dong?
Kini ada solusinyah! Klinik t*ng #dhuaaangg! (gw disambit kaleng minyak). Becandaaa.

image

Nasib Rekening di Tengah Bulan

Sebenernya sederhana sih solusi dari masalah di atas. Buat ngelacak kemana perginya uang biar bisa dijaga dan menghasilkan cash flow positif bisa dicoba beberapa langkah berikut:

Baca lebih lanjut