#10 – Kebutuhan yang Pasti Datang

Pensiun

Apa yang ada di otak gw waktu mikir pensiun diantaranya: masih lama, bahagia, berkualitas, keliling ke rumah anak-anak, dan yang terpenting sehat. Untuk bisa mendapatkan bayangan itu gw kudu persiapkan dari sekarang, tapi pikiran kalo pensiun masih lama bikin gw ga terlalu ngerasain urgency untuk nyiapin dana pensiun ini.

Padahal kenyataannya, dana pensiun adalah dana yang persiapannya ga bisa ditunda-tunda lagi dan menempati prioritas pertama setelah dana darurat telah ada, ato bahkan kalo bisa disiapinnya barengan dengan nyiapin dana darurat.

Sad to say but old age is coming for sure. And when you are considered old enough that you are no longer productive, you will have to retire.
Baca lebih lanjut