Yuk Mulai Sekarang!

An investment in knowledge pays the best interest.
Benjamin Franklin – quoted from BrainyQuote.com

@aghla kemaren nulis artike yang menarik tentang kenapa harus investasi di blog ini. Isi artikel itu kurang lebih latar belakangnya dia memutuskan buat berinvestasi. Buka linknya yah biar bisa baca lebih jelasnya. *smile*. Isi postingan itu ngingetin gw ama percakapan sama temen-temen gw SMP dan SMA yang jadi salah satu bahan post gw di blog pribadi  yang judulnya Libur Lebaran itu Indah.

Salah satu temen gw itu udah ada pengusaha yang sukses, sementara yang lainnya ya sama-sama kayak gw. Ada di posisi mulai menapaki karir (haiyah.. etapi beneran kan ya?), mulai keluarga baru dan mulai menata kondisi keuangan. Mereka  pada nanya yang rata-rata pertanyaannya :

Kalo mau inves bagusnya di mana? | Gimana caranya investasi? | Kapan gw harus mulai investasi?

dan pertanyaan-pertanyaan semacem itu. Gw tertarik banget buat jawab pertanyaan terakhir. Kapan harus mulai investasi.

Kalo buat gw sih jawabannya satu, SEKARANG.

Oke kalo ngomongin invesatisnya mungkin bakalan bingung kalo sekarang juga harus dilaksanakan,  pertanyaannya gw ubah deh dikit.

Kapan gw harus mulai ngatur keuangan?

jawabannya sama, SEKARANG. Waktu itu penting banget kalo hubungannya sama duit. Kenapa?

image

Today is the Day!

  1. Inflasi
    Percaya ato nggak, inflasi itu beneran ada loh. Bukan cuman datanya BPS doang. Inflasi itu sederhananya yang bikin harga-harga naik terus setiap tahun. Mulai dari harga beras, biaya sekolah sampe harga rumah.Mungkin orang-orang yang seumuran bapak-ibu gw bisa cerita soal ini, gimana dulu harga beras sekilo cuman Rp, 800/kg jadi Rp. 8,000/kg (Gw pernah tahu soalnya dulu ikutan bantuin Ibu di toko). Biaya sekolah jaman gw SD dulu cuman berapa ribu per bulan, sekarang udah sampe ratusan ribu per bulan.Dengan investasi, dana bisa disimpen di tempat yang bisa ngasih imbal hasil lebih gede dari inflasi.Paling ngga nilai uang ga berkurang karena inflasi.
  2. Waktu gak bisa balik lagi
    Oke, percaya kalo inflasi itu ada, trus ga buruan nyimpen duit, ngatur keuangan dan sebagainya? Mungkin aja masih mikir kalo kebutuhan gak mendesak, disiapin nanti-nanti mungkin bakalan pas sama kebutuhan, jadi sekarang santai dulu aja.Oke kalo itu yang kejadian, kalo ternyata ada keperluan lain?Waktu udah kelewatan jauh, mau mulai ngatur keuangan juga bakalan telat dan akhirnya ga bisa memenuhi kebutuhan di masa depan.Waktu udah ga mungkin lagi dimundurin. Jadi lebih baik terlaku awal daripada terlambat kan?
  3. Fleksibilitas
    Semakin cepet mulai ngatur keuangan dan selanjutnya investasi, bakalan ngasih fleksibilitas buat menentukan gimana dan apa-apa saja yang pengen dicapai dari kondisi keuangan kita.Contohnya aja kalo mulai sekarang gw udah ngaerencanai biaya pendidikannya Aaqil yang masih bayi, gw bisa sesuaikan besaran uang yang harus gw sisihkan dengan sekolah yabg dimasukin Aaqil nantinya. Jadi bukannya pas udah waktunya sekolah, dana belum ada akhirnya sekolahnya yang menyesuaikan. Ga mau juga kan? 😀
  4. Hasil yang Lebih GedeNyambung sama contoh gw yang mau sekolahin Aaqil aja deh, dengan rentang waktu yang lebih lama, dana yang harus gw sisihkan jadi lebih kecil karena waktu yang akan bantu hasil yang lebih gede.Kalo misalkan dana pendidikannya 12 jutaan buat waktu 10 tahun lagi dan asumsi rate 5% ( deposito bank), gw cukup menyisihkan kurang dari Rp.100 ribu tiap bulan. Sementara kalo gw tunda setahun, dana yang harus disisihkan jadi lebih dari Rp. 100 ribu.

    Kecil sih memang bedanya karena hasil yang kita inginkan memang kecil dan asumsi pengembalian investasi yang dipakai kecil. Kalo nilai yang dituju besar dan asumsi return investasi lebih besar, perbedaan akan semakin terasa. Taoi sekecil apapun yang namanya duit pasti akan berguna kan? 🙂

Jadi nunggu apalagi? Yuk mulai sekarang! 🙂

@danirachmat

4 thoughts on “Yuk Mulai Sekarang!

  1. Ping balik: Sebelum Mulai Memilih « Celengan Semar

  2. Ping balik: Investasi itu Apa? « Celengan Semar

Tinggalkan Balasan

