Konservatif, Moderat ato Agresif?

Kalo misalkan dana yang lu simpen di investasi reksadana saham buat lets say 10 tahun lagi nilainya tiba-tiba turun jadi 50% nilai awalnya. Gimana perasaan lu dan apa yang bakalan lu lakukan?
-pertanyaan.

Nyambung dari postingan tentang sebelum mulai memilih investasi di mana, gw sempet singgung soal tingkat penerimaan risiko yang akan menentukan jenis investasi nantinya. Pertanyaan di atas sering gw ajukan ke temen-temen yang nanya sebaiknya investasi di mana. Dan jawabannya kadang-kadang lumayan mengejutkan.

Jawaban-jawaban yang gw terima bisa digolongkan ke tiga golongan besar berikut:

    • Konservatif



      Biasanya langsung jawab:


      “gila aja. Kagak lah, kagak berani gw. Mending di yang aman-aman aja. Udah susah payah nyari masa ilang gitu aja?”Kalo jawabannya sama kayak gini, masuknya tipe konservatif yang toleransi terhadap fluktuasi nilai hasil investasi sangat kecil. Hampir gak bisa menerima turunnya nilai investasi.

    • Moderat



      Biasanya mikir agak lama, trus nanya lagi,


      “masih sepuluh tahun lagi kan jangka waktunya? Masih bisa naik lagi kan investasinya?”Biasanya tipe orang yang nanya gini sebenernya gak terlalu bisa menerima risiko turunnya nilai uang yang diinvestasikan tapi masih mengharapkan nilai investasinya bisa berkembang. Jadi ya ditengah-tengah lah. Kalopun ada risiko jangan terlalu gede.

    • Agresif



      Ada juga temen yang langsung jawab:


      “gak masalah. Masih lama juga. Kalo perlu gw nambah lagi deh. Kan nilainya lagi turun tuh. Lumayan kalo gw beli, pas naik lagi kan gw jadi untung tuh. Ga perle setakut itulah”.Biasanya temen yang ngejawab gini sudah biasa investasi ato punya akses lebih besar ke informasi mengenai investasi.

    Kalo menurut gw pribadi sih, profil tingkat penerimaan risiko seseorang bukan harga mati kok. Toleransi seseorang bisa berubah. Yang paling mempengaruhi adalah sedikit banyaknya informasi atau akses informasi mengenai investasi yang dimiliki oleh orang itu. Jadi, mari kita belajar untuk lebih banyak tahu. ๐Ÿ˜‰

    @danirachmat

    Iklan

    3 thoughts on “Konservatif, Moderat ato Agresif?

    1. Ping balik: Investasi Males Ribet « Celengan Semar

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s