#18 – Tunjangan Hari Raya

Tanggal 29. Sudah semakin mendekati liburan lebaran nih.

Bills

Bills

Bagi para pekerja, pastinya udah terima THR dong ya? Gw sih udah tanggal 25 kemaren, barengan ama gaji. Hihihi. Seneeng banget rasanya nerima THR kemarin, kenapa pasal? Yap, gaji gw bulan sebelumnya dah habis-bis.

Pasti dah banyak yang bahas ya, dapet THR gini enaknya dipake buat apa?

Kalo dari gw sih, THR yang diterima gw alokasiin untuk beberapa pos berikut:

  • Zakat – ini kudu diutamain nih, jangan sampe kelupaan. Zakat fitrahnya jugak ya.
  • Keperluan lebaran – nggak sih, gw gak beli baju baru. Keperluan lebaran kan banyak banget ya bok. Lets just say ticket! Ya, tiket pesawat. Ato tiket kereta api, bus dan moda transportasi yang lainnya. Syukur-syukur sih kalo tiket ini udah direncanakan jauh-jauh hari. Tapi buat yang jadwal di kantornya belom pasti dan baru bisa beli menjelang sebulan sebelum lebarannya ya THR bisa membantu banget buat tiket.
    Selain tiket apalagi? baju baru kalo memang menganggarkan beli baju, trus uang untuk dituker dengan uang baru pecahan yang lebih kecil untuk saweran pas pulkam. Dua terakhir ini udah jarang sih gw lakukan.
  • Investasi. Gw targetkan sejumlah tertentu untuk tetep diinvestasikan. Masuk ke pos-pos yang gw perlukan untuk kebutuhan ke depan. Kalo ga ada keperluan lain, pos investasi ini bisa digedein loh dan bakalan lumayan banget nambahnya.
  • Bayar tagihan kartu kredit dan utang konsumtif lainnya. Gak sesuai sama tujuan awalnya THR dong? tunjangan hari raya tapi malah dipake buat bayar utang. Balik lagi ke poin sebelumnya, kalo misalkan kebutuhan lebaran sudah terpenuhi, langkah terbaik ya pay-off utang konsumtif. Hell yeah, utang kartu kredit dan utang konsumtif lainnya ga akan membantu apapun kok di keuangan.
    Bukannya lebih baik kalo ditabung Dan? Jawabannya NGGAK. Trust me, better you payoff your credit card debt deh.
  • Bayar asuransi mobil dan asuransi jiwa yang jatuh tempo. Well yeah, gw udah cadangkan dana-dana buat bayar tagihan-tagihan yang ini, tapi males ya bok cairin dari akun investasi, nunggu lagi trus bayar. Yaudah langsung aja gw bayar dari uang THR. Hihihi.
  • Ongkos perbaikan mobil berkala ato insidentil cek mobil/kendaraan yang dipakai untuk mudik. Jaman sekarang kan banyak ya yang mudik pake bawa mobil/motor sendiri untuk lebih menghemat biaya. Kalo kasus gw sih kebetulan aja jadwalnya pas bulan agustus ini. Jadi ya again, daripada cairin dana yang sudah disiapin, langsung bayar aja dari THR.
  • Pajak kendaraan bermotor. Oh well, yes, pas banget kalo kejadian gw nih pas bulan Agustus, jadi pas lah ya. Lagi-lagi demi kepraktisan, gw bayarnya sekalian dari THR.

Ada tambahan pos lain yang mungkin bisa ditambahkan? 😀

Iklan

One thought on “#18 – Tunjangan Hari Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s