Investasi itu Apa?

Investasi : akumulasi suatu bentuk aktiva dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa depan.
Wikipedia berbahasa Indonesia mengenai investasi

Merencanakan keuangan gak bisa dipisahkan dari yang namanya investasi. Kalo gw bilang gini, rata-rata temen langsung ngernyitin dahi mereka, investasi apa sih?

Kalo ngelihat definisi dari Wikipedia di atas, yang namanya investasi itu akumulasi suatu bentuk aktiva biar untung di masa depan. Contohnya apa? ya kalo pengusaha tahu, beli mesin pembuat tahu yang paling oke biar bisa produksi tahu dengan modal paling minimal dan jual dengan harga paling oke biar untungnya maksimal. Kebayang kan? jadi investasi itu sebenernya sederhana.

Pertanyaan selanjutnya, lah kalo kayak semacam pegawai gitu investasinya apa dong? Balik lagi, kan tujuannya untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Pertanyaannya, keuntungannya dibandingkan dengan apa?

Dibandingkan dengan inflasi(pengertian inflasi menurut Wikipedia berbahasa Indonesia)  Baca lebih lanjut

Iklan

Yuk Mulai Sekarang!

An investment in knowledge pays the best interest.
Benjamin Franklin – quoted from BrainyQuote.com

@aghla kemaren nulis artike yang menarik tentang kenapa harus investasi di blog ini. Isi artikel itu kurang lebih latar belakangnya dia memutuskan buat berinvestasi. Buka linknya yah biar bisa baca lebih jelasnya. *smile*. Isi postingan itu ngingetin gw ama percakapan sama temen-temen gw SMP dan SMA yang jadi salah satu bahan post gw di blog pribadi  yang judulnya Libur Lebaran itu Indah.

Salah satu temen gw itu udah ada pengusaha yang sukses, sementara yang lainnya ya sama-sama kayak gw. Ada di posisi mulai menapaki karir (haiyah.. etapi beneran kan ya?), mulai keluarga baru dan mulai menata kondisi keuangan. Mereka  pada nanya yang rata-rata pertanyaannya :

Kalo mau inves bagusnya di mana? | Gimana caranya investasi? | Kapan gw harus mulai investasi?

dan pertanyaan-pertanyaan semacem itu. Gw tertarik banget buat jawab pertanyaan terakhir. Kapan harus mulai investasi. Baca lebih lanjut