#17 – Tips Nabung ala Ecchan

Susah payah Ecchan sharing tips nabung yang dia terapkan eh gwnya malah belom belom sharing di mari. Posting aslinya bisa diklik di link Tips Menabung di blognya Ecchan langsung.

Skema tips menabung yang disharing ama ecchan applicable banget kalo menurut gw. Cara nabung yang didapat dari Kang Masnya ini seperti ini:

(gambar-gambar dipinjem dari blognya Ecchan ya)

Ecchan Saving Plan 01

Ecchan Saving Plan 01

Bagi gaji jdi 3 bagian. 60%, 30% dan 10 %.
Porsi 10% langsung ditabungkan atau diinvestasiin.
60% dipake untuk kebutuhan sehari-hari. Kalau bisa sih termasuk di dalamnya zakat, makan dan sebagainya.
30% sisanya dipakai untuk keperluan yang penting tapi ga reguler.

Bulan berikutnya kalo ada sisa di 30% masukkan ke bagian investasi bulan itu, sementara sisa 60% masukkan ke bagian 30% kebutuhan penting tapi ga rutin.

Kebayang kan skemanya?

Nah, skema ini dikembangkan sama Ecchan seperti di bawah ini:

saving-plans02

Kalo Ecchan pake 2 celengan yang difungsikan untuk bagian 30%. Sisa di bagian 60% dimasukkan ke celengan isi 500 dan 1000an dan celengan isi 10 ribu ke atas.

Menurut gw dengan dibagi – bagi begini bisa (istilahnya) dipaksa buat disiplin. Tanpa disadari kalau terbiasa membagi pengeluaran seperti ini bakalan tercipta pola di otak kalau duit itu sudah ada posnya sendiri-sendiri.

Nilai 10% adalah nilai minimal yang disarankan untuk diinvestasikan dan nilai 30% adalah nilai yang maksimal yang disarankan untuk pembayaran hutang. Jadi overall skema yang dipakai oleh Ecchan ini bisa diaplikasikan untuk kebutuhan pengaturan duit kalau misalkan memang masih bingung. 😀

Untuk semakin memudahkan sebenernya bisa sih manfaatin fasilitas autodebet dari bank tempat rekening gaji dibuka. Cuma ada biaya untuk memanfaatkan fasilitas ini. Pasang aja dua autodebet di rekening tersebut dengan nominal 10% dari gaji masuk untuk ditransfer ke rekening tabungan yang tidak diganggu gugat, 30% untuk pembayaran tagihan-tagihan dan sisanya 60% biarkan saja di rekening tersebut.

Kalau sudah terbiasa melakukan ini, sedikit demi sedikit tingkatkan porsi 10% tadi jadi 11%, 12%, 15% dan seterusnya sampai jumlah dana untuk operasional sehari-hari sampai pada taraf nyaman tanpa bisa dikurangi lagi.

Gw sih masih mencoba menambahkan prosentase di bagian investasi itu, impian gw sih bisa konsisten di kisaran 40%. Oke, impian ambisius. 😀

Satu lagi, quote dari Suze Orman nih,

get yourself satisfaction out of saving instead of spending

Iklan

2 thoughts on “#17 – Tips Nabung ala Ecchan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s