#16 – Hemat Bukan Pelit

Hoahahaha. Hidup segan mati tak mau ini blog. Muaapkeen. Bahkan dari beberapa masukan yang masuk ke sini gw belom follow up. Udah berapa bulan? *tendang Dani*

Not gonna make excuses though. Semua salah gw yang terlalu males emang.

Pagi ini dan kemaren gw baca beberapa artikel yang ngomongin soal hemat dalam ngatur keuangan. Dari beberapa artikel itu ada cerita kalo banyak orang terjebak pemikiran ‘ngatur keuangan berarti jadi pelit’. Jadi gak bisa ina-ini-itu. Ada gak yang kepikiran begituh? Well gw sih awalnya. Hoahahahaha.

Gw mulai berpikir kalo hemat tidak sama dengan pelit.

Sederhananya, hemat itu make duit sesuai keperluan kita. Kalo pelit? Bahkan untuk sesuatu yang kita perlu kita gak mau make duit yang ada.

Spend money out of needs.That is frugal.

Sesederhana itu bukan?

Semua orang juga udah tahu kali ya. Hahaha. Yang susah sih emang ngebedain mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan. Contoh sederhana dalam kasus gw sih kayak moda transportasi yang mau dipake buat jalan pulang dari kantor.

Ada angkot yang sekarang udah naik jadi Rp. 3 rebu ato ojek yang Rp. 15 rebu sekali naik. Gw sih pengennya setiap hari nyampe  rumah maksimal jam 8. Dengan inget aturan itu, kalo keluar kantor jam 6 an gw masih bisa ngejar kereta buat pulang dengan naik angkot ke stasiun terdekat. Hemat. Meskipun kadang agak capek harus jalan-jalan dikit. Kalo naik ojek mah bisa langsung nyampe.

Tapi kalo gw pulang udah jam 7 dan gak mungkin sempat kejar kereta dengan naik angkot  terlebih dahulu, tapi harus naik ojek buat ngejar kereta biar bisa nyampe rumah jam 8 maksimal. Kalo dalam kasus seperti itu gw tetep naik  angkot, gw merasa jadi orang yang pelit. Pulang ke rumah gw jadi lebih malem juga.

Hihihi. Contoh lain mungkin soal tiket pesawat buat mudik. Hemat itu beli tiket pesawat buat mudik dari jauh-jauh hari. So instead of beli kemahalan karena gak booking-booking karena ragu-ragu jadwal mau pulangnya kapan, niatin aja kalo mau ambil cuti tanggal berapa sampe tanggal berapa. Kalo kemepetan bisa sampe dua kalinya deh itu harga tiket. #tercurcol. Huahahaha.

Pasti gw gak mau pelit, gw maunya hemat.

Setuju anyone?

PS: Kalau ada yang mau didiskusikan silahkan isi formulir di bagian diskusi ya. InsyaAllah bakalan dibahas di blog ini. 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s