#3 – Kesempatan Belajar

Percaya sama yang namanya kebetulan? Gw sekarang nggak.

Setelah lulus kuliah, kerjaan yang gw cari adalah sejauh mungkin tanpa bersinggungan sama dunia IT. Well, pilihannya banyak sebenernya. Management Trainee dari berbagai perusahaan seolah jadi kesempatan emas. But somehow I couldn’t get any. Hahaha.

Sampe dateng kesempatan buat gabung di sebuah officer development program sebuah bank pemerintah, salah satu yang terbesar. Long story short, setelah beberapa kali bolak-balik Jakarta naik kereta di akhir pekan gw terdaftar sebagai salah satu anggota angkatan ke 24 program itu.

Setahun belajar berbagai macam fungsi di bank itu ngasih sedikit gambaran gimana sih bank bekerja. Gimana duit orang diputerin. Akhirnya gw ditempatkan sebagai salah satu frontliner supervisor di salah satu cabang.

Di sini gw belajar gratis tentang produk-produk bank untuk personal finance. Gak semuanya sih memang karena gw ga sempat bersentuhan dengan layanan premium bank. Di sini juga gw “dipaksa bunuh diri” dan beli produk unitlink yang gw simpen sampe beberapa tahun ke depan trus gw kenalan dengan reksadana dan didatengin sekuritas dan dapet kesempatan belajar trading saham.

Setelah kurang lebih 2 tahun bergulat sama personal banking, gw dikasih kesempatan buat belajar tentang corporate banking. Corporate finance yang ngasih gambaran lebih luas tentang perekonomian Indonesia. Lebih buka pemahaman tentang ekonomi negara ini. Ya masih banyak sih emang yang gw gak belom ngerti. 😀

Jadi kalo dirunut ke belakang, ternyata kerjaan-kerjaan yang gw dapet masih ada hubungannya sama keinginan awal gw buat ngerti keuangan. Dan gw bersyukur untuk itu! 🙂

See? There’s no such thing as coincidence. 😀

@danirachmat

8 thoughts on “#3 – Kesempatan Belajar

Tinggalkan Balasan

