Investasi itu Apa?

Investasi : akumulasi suatu bentuk aktiva dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa depan.
Wikipedia berbahasa Indonesia mengenai investasi

Merencanakan keuangan gak bisa dipisahkan dari yang namanya investasi. Kalo gw bilang gini, rata-rata temen langsung ngernyitin dahi mereka, investasi apa sih?

Kalo ngelihat definisi dari Wikipedia di atas, yang namanya investasi itu akumulasi suatu bentuk aktiva biar untung di masa depan. Contohnya apa? ya kalo pengusaha tahu, beli mesin pembuat tahu yang paling oke biar bisa produksi tahu dengan modal paling minimal dan jual dengan harga paling oke biar untungnya maksimal. Kebayang kan? jadi investasi itu sebenernya sederhana.

Pertanyaan selanjutnya, lah kalo kayak semacam pegawai gitu investasinya apa dong? Balik lagi, kan tujuannya untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Pertanyaannya, keuntungannya dibandingkan dengan apa?

Dibandingkan dengan inflasi(pengertian inflasi menurut Wikipedia berbahasa Indonesia) 

Pernah gw singgung dikit soal inflasi ini di postingan buat mulai perencanaan keuangan sekarang. Inflasi inilah yang bikin nilai uang kita semakin berkurang. Harga komik yang tahun 1999 cuman Rp. 3.800 sekarang udah jadi Rp. 17,500. Karena apa? inflasi.  :D.

 Gambar di samping diambil dari data inflasi Bank Indonesia.

Jadi biar untung dan nilai uang kita gak berkurang, uang yang kita punya mestinya kita simpan di alat penyimpanan yang bisa memberikan return yang lebih gede dari inflasi. Kalo kayak pengusaha sih hasil usahanya bisa ngasih return yang lebih gede dari inflasi. Pengusaha warteg mungkin malah bisa untung 100% dari modal yang mereka pakai di awalnya.

Kalo kita gak bisa usaha, bisa juga milih produk-produk perbankan dan instrumen investasi di pasar modal. Cuman pertanyaannya balik lagi, mana yang bisa memberikan hasil yang lebih besar dari nilai inflasi yang ada? Patokannya itu aja kok. Kalo sudah ketemu mana-mana aja yang punya return lebih gede dari inflasi tinggal menentukan saja tujuan investasinya mau yang seperti apa. Kalo ternyata hasilnya masih lebih kecil dari inflasi sebaiknya dipertimbangkan buat dipindah ke jenis lain yang memberikan hasil lebih besar dari inflasi.

Jadi, investasi yang sudah dilakukan sekarang apakah sudah memiliki hasil yang lebih baik atau minimal sedikit lebih besar dibandingkan dengan inflasi?

Inflasi bulan Agustus 2012 menurut Bank Indonesia sebesar 4.58%

@danirachmat

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s